Baron Karls Drais von Sauerbronn atau Karl Drais lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman, tercatat sebagai penemu sepeda yang pertama.
Drais berhasil melakukan terobosan penting,yang ternyata merupakan
peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby
Horse dimodifikasi hingga akhirnya mempunyai mekanisme kemudi pada
bagian roda depan. bentuknya sepeda beroda tiga, bentuk awal dari
sepeda, namun tanpa pedal.
Perjalanannya
yang pertama dilaporkan, dari Mannheim ke Schwetzinger Relaishaus
berlangsung pada tanggal 12 Juni 1817. Pada tahun yang sama, dia
melakukan perjalanan kedua, dari Gernsbach ke Baden, dan lain-lain.
Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur
lebih cepat saat berkeliling. Dia sendiri menyebut kendaraan ini dengan
nama Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada
1817. Pada 1839, Kirkpatrick Macmillan menambahkan batang penggerak yang
menghubungkan antara roda belakang dan ban depan Draisienne.
Sepeda Draisienne ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi tonggak munculnya sepeda-sepeda modern di dunia.
Sepeda Draisienne ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi tonggak munculnya sepeda-sepeda modern di dunia.
sebab
dari penemuannya adalah adanya anomali iklim 1816, Tahun tanpa musim
panas di sebabkan karena letusan maha dahsyat Gunung Tambora di
Indonesia menyebabkan transportasi di Eropa terganggu akibat kegagalan
panen dan kelaparan kuda, dan inilah penyebab dari penemuan Drais 'dari
sepeda beroda tiga tersebut.
Pada tanggal 12 Januari 1818, Drais dianugerahi sebuah penghormatan dengan gelar duke sebagai imbalan atas penemuannya. Baden tidak memiliki hak paten atas penemuannya pada waktu itu. Grand Duke Karl Drais kemudian juga ditunjuk sebagai Profesor Mekanika. Ini hanyalah sebuah gelar kehormatan, tidak berhubungan dengan universitas atau lembaga lain. Drais pensiun dari layanan sipil dan terus menerima gaji sebagai atas penemuannya.
Pada tanggal 12 Januari 1818, Drais dianugerahi sebuah penghormatan dengan gelar duke sebagai imbalan atas penemuannya. Baden tidak memiliki hak paten atas penemuannya pada waktu itu. Grand Duke Karl Drais kemudian juga ditunjuk sebagai Profesor Mekanika. Ini hanyalah sebuah gelar kehormatan, tidak berhubungan dengan universitas atau lembaga lain. Drais pensiun dari layanan sipil dan terus menerima gaji sebagai atas penemuannya.
1 komentar:
simak kelanjutan ceritanya? klik disini
Posting Komentar